Selasa, 26 Mei 2009

Survey Bidang Organisasi

. Selasa, 26 Mei 2009

Bidang Organisasi dan Sistem Informasi Pimpinan Daerah Pemudah Muhammadiyah Kab. Jember sekali lagi berusaha menunjukkan eksistensinya dengan kegiatan-kegiatan yang mengarah pada penguatan organisasi.

Berawal dari keresahan berbagai kalangan akan lemahnya kontrol organisasi ini (Pemuda Muhammadiyah), serta cerminan organisasi modern yang masih menggunakan cara-cara tradisonal ini menuntut bidang organisasi bisa merubah tatanan, kebiasaan dan mainset para kader untuk meningkatkan akselerasi dan menunjukkan bahwa Muhammadiyah sebagai ormas modern benar-benar modern dalam perilaku, pengelolaan dan pengaturan serta pelaksanaan organisasinya.

Oleh karena itu, dalam setiap kebijakan yang diambil hendaknya didukung dengan data-data yang akurat, rasional dan dapat terukur meskipun dengan cara-cara/ metode-metode paling sederhana sekalipun.

Keberadaan survey sebagai media parameter mengetahui kondisi dan perkembangan kader maupun organisasi ini sangat mendesak untuk dilakukan karena mengingat pergerakan organisasi ini (Pemuda Muhammadiyah Kab. Jember)semakin lama tampak semakin kurang mendapat perhatian dan menarik hati masyarakat.

Apa dan mengapa itu terjadi harus didukung dengan fakta dan realita dilapangan, sudah tidak wajar sekali jika keputusan diambil yang menyangkut kebijakan secara makro diambil berdasarkan praduga-praduga, perkiraan-perkiraan dan kemungkinan-kemungkinan. Sudah saatnya organisasi modern mengunakan instrumen-instrumen modern dalam mengukur perkembangan, kemajuan, kesuksesan dan lain sebagainya.

Sebagai langkah awal dalam memperolah data yang cukup fisibel sebagai syarat pengujian analisis statistik, maka bidang organisasi terlebih dahulu telah melakukan beberapa pendataan terhadap kondisi riil cabang dan ranting Pemuda Muhammadiyah di Kab. Jember yaitu :
  1. Pengumpulan Data Base Pimpinan Cabang dan Pimpinan Ranting Muhammadiyah Se-Kab. Jember yang dibantu oleh rekan-rekan Pemuda di Cabang. Kegunaannya adalah untuk mengetahui seberapa besar perkembangan Muhammadiyah sebagai induk organisasi ini berkembang dan tertata rapi di Cabang-cabang dan Ranting Se-Kab. Jember, selain itu diharapkan dengan dimilikinya database Muhammadiyah yang akurat akan mempermudah melakukan komunikasi-komunikasi yang lebih efektif dalam menjalankan roda organisasi kedepan serta menggunakannya untuk kepentingan2 bersama yang lebih bermanfaat (jaringan bisnis, jaringan politik, jaringan komunikasi dsb)
  2. Pengumulan Data Base Pimpinan Cabang dan Pimpinan Ranting Pemuda Muhammadiyah Se-Kab. Jember, kegunaannya mirip dengan seperti diuraikan diatas namun lebih kita pertajam kembali yaitu dengan dimilikinya data base seluruh pimpinan Pemuda Muhammadiyah mulai Daerah hingga Ranting diharapkan akan terbentuk sebuah koloni-koloni baru yang memperkuat organisasi ini, selain itu untuk mempermudah menjalankan dan mengembangkan pelaksanaan kegiatan-kegiatan PD.PM khususnya Bidang Organisasi (contoh kegiatan: pengoptimalan survey2 yang nantinya akan melibatkan kader2 di tingkat cabang hingga ranting, memiliki jejaring yang kuat dan riil sehingga setiap informasi yang ditangkap oleh PDPM mudah pendistribusiannya, penguatan organisasi dsb)
  3. Pemetaan potensi Pimpinan Pemuda Muhammadiyah dari Daerah hingga Ranting, dengan diperoleh data yg cukup akurat berkenaan dengan potensi yg dimiliki serta aktivitas individu diluar organisasi Pemuda Muhammadiyah akan memberikan manfaat bagi pengguna infrmasi tersebut, sehingga dapat diketahui secara pasti sebaran mata pencaharian, potensi bisnis dan aktivitas para kader Pemuda.
Setelah tiga hal tersebut dilakukan, selanjutnya survey yang sesungguhnya dilakukan, yang telah disebarkan adalah:
  • Survey tentang kemampuan dan tingkat interes kader Pemuda Muhammadiyah terhadap tekhnologi Internet
  • Survey tentang perkembangan dan tingkat popularitas organisasi Pemuda Muhammadiyah dalam pandangan kader
  • Survey potensi masing-masing kader Pemuda Muhammadiyah
  • Survey efektifitas kegiatan yang selama ini telah dilakukan oleh Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah Kab. Jember
Semoga dapat berjalan sesuai harapan kita bersama. Amien
ak

2 komentar:

kontes seo aristia wida rukmi mengatakan...

Jika data base bisa bener-bener lengkap tentu akan sangat berguna bagi induk organisasi dan para kader untuk berbagai kepentingan, Fastabiqul khairot

Wisata SEO Sadau mengatakan...

Survey-survey lagi, jika organisasi dakwah akan berkembang seperti layaknya perusahaan-perusahaan yang menggurita, keakuratan perkembangan organisasi dalam bentuk data memang layak dan muntlak diperlukan

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

 

MEREKA YANG PALING PEDULI

ARTIKEL PALING DIMINATI

Created by : Aa' Mil
Kirimiklan.com - Kami Promosikan Web Anda !
Namablogkamu is proudly powered by Blogger.com | Created by K3Lcreative